Sabtu, 02 Oktober 2010

Bow Down To Your Beauty, Mount Gede

21 juni - 23 juni, gw, temen - temen sekolah, beberapa guru dan kakak- kakak mahitala unpar treking ke gn.gede. First time for me buat naek gunung ini, sebelumnya gw cuma pernah pendakian ke gunung batur sama gunung lesung (bali), dan kali ini st.laurensia mau nyoba buat naik ke gunung ini.
Kita mulai perjalanan lewat jalur gunung putri, mulai perjalanan sekitar jam 10an, udah siang, panas. Pas uda siap sama semua yang kita bawa, carier pun siap digendong buat menanjaki gunung gede :)Treking dibanding waktu ke gunung batur jauh lebih capek kali ini, padahal menurut gw medannya jauh lebih susah batur, tapi mungkin karna kita bawa carier yg cukup berat makanya kita jadi berasa capek banget. Pas pendakian, kita sering papasan sama beberapa pendaki lain. Satu hal yang gw pelajarin dari naik gunung ini, para pendaki gunung tuh selalu sopan dan ramah sama semua orang yang mereka papasin, gw selalu denger kata "permisi", "ayo semangat, gak jauh lagi kok", dsb, padahal kita belom pernah kenal sebelumnya. Dari naik gunung lu bisa punya semacem ikatan kekeluargaan yang bener-bener ga bisa lu dapetin di tempat lain. Dari naik gunung lu jadi bisa belajar ramah, peduli sama orang, saling kasih support dan semangat, bahkan sama orang yg sebelumnya belom lu kenal.

Menurut gw perjalanan kali ini cukup gagal, karna kita bener- bener jalannya lama banget. Untungnya gw dan beberapa temen gw nyampe di alun-alun surya kencana pas masih ada matahari. Pas sampe alun - alun cuma satu kalimat yang ada di otak gw "AM I IN HEAVEN?" sumpah gak boong, itu udah kayak di surga, lu bisa berasa kayak megang awan dan semua yang lu liat itu tanaman edelweis, bagus banget.
The most romantic and loveable things here is the night. Malem di alun - alun surya kencana bener - bener bagus banget apalagi suasananya hening dan yang ada di sekitar lu cuma lapangan luas dan kalo lu nengok ke langit semuanya penuh bintang. Itu bener - bener bagus banget dan seumur - umur gw baru liat langit malem sebagus itu cuma di alun - alun surya kencana. Sayangnya semua temen - temen gw udah masuk ke tenda karna emang dingin banget. Akhirnya gw cuma di temenin 2 kakak mahitala, kita ngobrol - ngobrol di api unggun. Sampe akhirnya sekitar jam 1 pagi gw masuk ke tenda.

Pagi pun tiba. Gw dan temen gw naik ke dataran yang lebih tinggi buat liat pemandangan. Pagi hari di alun - alun surya kencana bener - bener bikin jatuh cinta. Lu bisa berasa megang awan karna jarang kita sama awan gak terlalu jauh. Apalagi pas liat matahari terbit. Walaupun ga liat sunrise dari puncaknya tapi dari alun - alun aja udah keliatan bagus banget.
Sekitar jam 9an akhirnya kita packing carier dan berangkat ke puncak gunung gede. Ya perjalanan sekitar 1jam lah, naik ke puncak gunung gede dari alun - alun bener - bener gak berasa soalnya selama perjalanan gw ngobrol sama pak samsul, pembimbing perjalanan gw dari mahitala. Banyak yang gw pelajarin dari beliau, dari tanaman, binatang, dan gunung gede itu sendiri. Sampe di puncak gw dan temen - temen gw teriak - teriak sekenceng - kencengnya. Rasanya teriak di puncak gunung tuh bikin rasa stress ilang. Lupain sesaat semua stress penat di jakarta.

Abis puas istirahat dan ngeliat puncak gunung gede, akhirnya kita turun ke kandang badak. Rencananya kita mau ngecamp di sana semalam sebelum turun ke cibodas. Medannya gak terlalu sulit kalo menurut gw. Karna jalannya turun, perjalanan ke kandang badak jadi gak terlalu lama, sekitar jam 3 siang kita udah sampe dan langsung masak karna perut udah keroncongan. Setelah makan tendapun kita pasang dan kita main dan istirahat di sana sampai malam kami akhirnya masuk tenda untuk istirahat.

Pagi pun tiba. Masuk ke hari ke 3 perjalanan kita. Pagi hari di kandang badak gak sedingin di alun - alun pastinya. Setelah sarapan, kita akhirnya packing dan siap pulang, turun ke cibodas. Di tengah perjalanan kita mampir istirahat dulu di air panas. Gw dan beberapa temen & guru gw ngerendem kaki di tempat air panas itu. Enak banget rasanya, apalagi udah 3 hari gak ketemu yang namanya air hangat. Setelah puas main air, perjalanan pulangpun di lanjutkan. Kita istirahat lagi di air terjun cibeureum. Di sana akhirnya gw menemukan yang namanya TOILET setelah berhari - hari tidak BAB. Di sana kita istirahat dan makan siang. Setelah puas istirahat perjalanan pulangpun di lanjutkan.

Dari air terjun cibeureum ke pintu taman nasional gunung gede pangrango cuma habis waktu 45menit. Gw sendiri jalannya secepat mungkin karna gak tahan pengen mandi. Temen - temen gw yang lain masih ketinggalan jauh dan akhirnya setelah 2 hari badan gak kena air, akhirnya gw mandi. Bener - bener seger rasanya. Perjalananpun berakhir saat itu. Kita berpisah dengan kakak - kakak mahitala yang udah banyak ngebantu kita selama perjalanan ini.

Banyak hal yang bisa gw pelajarin dari naik gunung ini. Selain belajar survive, gw jadi bisa ngenal alam lebih dekat. Salah satu kakak mahitala bilang ke gw "lu hrs tau kata2 brur (brur amrin orang mahitala) yg ini, lu bakal lebih diem dan pengen ke gede lg pasti, brur ngmg gini; rata2 org naik gede cuma liat 3% dr apa yg ada di gede" 3% DOANG? itu bener - bener bikin gw pengen lagi ke gunung gede apalagi kmaren itu ke gunung gede gak lanjut ke pangrango, itu sayang banget. Pengen banget ke gunung gede lagi dan cari tau apa aja yang sebenernya ada di situ, karna gw yakin gunung gede itu nyimpen banyak banget hal indah yang menarik yang banyak belom di ketahuin orang.

Gw ngerasa beruntung banget. Di umur gw yang segini gw udah kenal sama yang namanya naik gunung. Menurut gw naik gunung bukan sekedar jadi hobi aja tapi jadi pelajaran yang gak bisa lu dapet dari kegiatan lain. Dari pada shopping ke mal gak karuan ngabisin duit emak bapak lu, mending naik gunung. Capeknya naik gunung bakalan terbayar dengan semua rasa puas lu kalo lu udah berhasil turun lagi dan lu liat puncak tertinggi gunung yang lu naikin dan di otak lu cuma ada kalimat "Oh my god, i've been there"!

posted by leonyta salim http://iamegalomaniac.blogspot.com