Minggu, 03 Oktober 2010

navigation practice

pada tanggal 25 September 2010, KOPAL mengadakan pelatihan mengenai navigasi. dalam pelatihan ini, kami mengundang kak frans dan kak yoga dari mahitala buat ngelatih. ya secara mereka udah berpengalaman ya daripada kita. haha.

jam 8 udah banyak yang ngumpul di sekolah. tapi Tuhan berkehendak lain. pelatihan baru dimulai jam 9 pagi. maklum pelatihnya langsung dari bandung. terus banyak yang ngaret juga ternyata. haha. oke, pelatihannya dimulai dari penjelasan teori mengenai navigasi, peta, kompas, dan lain sebagainya. kita semua dijelasin apa itu navigasi, gimana cara make kompas, gimana cara baca peta. ngitung-ngitung sudut azimuth, back azimuth, dan lain-lain.

dari pelatihan ini, kita bisa tau kalo ternyata navigasi itu penting banget. kalo ilang di hutan kan berabe juga. haha. kita juga dikasih tahu kalo mau beli kompas, gimana yang bagus. jangan beli yang ecek-ecek atau yang jarumnya "dangdutan". bisa-bisa nyasar di hutan. terus gimana cara baca peta kontur yang sumpah pusing banget ngeliatnya. petanya bener-bener ngebingungin. garis-garis semua numplek di peta kontur. diperlukan mata yang tajam dan pikiran yang fokus buat ngebaca tuh peta. hehe.

teori udah cukup. sekarang waktunya praktek! tapi banyak yang pulang pas praktek gara-gara ada urusan lain, sayang banget. akhirnya dengan anggota yang tersisa, kita latihan make kompas di lapangan. semuanya nyoba satu-satu make kompas. gw sendiri udah nyoba, dan berhasil. yey. ada juga kejadian konyol disini.

gini ceritanya. wakil ketua kita alias adit melakukan hal yang sangat konyol. kompasnya dia yang paling canggih, pake iphone. ckck. tapi tiba-tiba, dia ngikut-ngikut ngebidik juga pake iphonenya. tuh iphone dideketin ke mata! haha. buat apa coba. secara kan udah keliatan jelas. mungkin dia kebawa suasana, kan yang lainnya pake kompas bidik. hahaha.

jadi begitulah pelatihan mengenai navigasi. big thanks for kak frans and kak yoga dari mahitala. jangan kapok ya ngelatih kopal. hehe

iloveyou KOPAL

posted by levina pangestu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar